Puluhan Prajurit Laksanakan Garjas dan Renang Untuk UKP

Semarang, Puluhan anggota Batalyon Arhanud 15/DBY melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) dilapangan Bhaladika dalam rangka untuk Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1 April 2022 tahun depan, Kamis 14 Oktober 2021.

Tes Garjas ini merupakan syarat kenaikan pangkat para prajurit TNI AD. Tes Garjas kali ini di ikuti oleh personil Perwira, Bintara dan Tamtama Yonarhanud 15/DBY.

Beberapa materi test kesegaran jasmani yang harus dilaksanakan dalam kegiatan Garjas tersebut antara lain Garjas A lari selama 12 menit dan Garjas B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Longhes durasi waktu satu menit serta Shuttle Run.

Sebelum pelaksanaan Garjas di mulai terlebih dahulu para anggota melaksanakan tensi dan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh tim medis dari Klinik Pratama Yonarhanud 15/DBY. Setelah selesai tensi dan dinyatakan memenuhi syarat dari Tim Medis maka anggota dapat mengikuti test Garjas.

Selanjutnya personel yang akan melaksanakan Garjas melaksanakan senam peregangan dan pemanasan yang dipimpin langsung oleh Staf Jasmani Militer Yonarhanud 15/DBY.

Usai melaksanakan Tes Garjas, dilanjutkan melaksanakan test renang di kolam renang Raider 400. Materi ketangkasan “renang” juga merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang prajurit sebagai persyaratan untuk UKP Prajurit TNI AD, untuk itu personel Yonarhanud 15/DBY yang ukp juga mengikuti test renang tersebut.

Leave a Comment