Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LIV Yonarhanud 15 Pd IV/Diponegoro, menggelar Workshop Pembuatan Kain Shibori yang bekerja sama dengan keikat.id

Semarang, Shibori berasal dari Jepang dari kata kerja ‘shiboru’ yakni merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Motif yang dihasilkan seringkali tak jauh berbeda dengan batik (meskipun dari segi pengerjaan lebih mudah dan sederhana).

Kegiatan yang dilakukan di Aula Gelatik Yonarhanud 15 ini dikuti oleh perwakilan anggota Persit Yonarhanud 15 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.Selasa (3/2/2021)

Kegiatan Pembuatan Shibori yg dilakukan oleh Anggota Persit Yonarhanud 15 menggunakan pewarna alam dari Daun Indigofera tinctoria yang menghasilkan warna biru sebagai ciri khas dari Shibori. Penggunaan pewarna alam ini diharapkan peserta bisa menjaga kelestarian alam dengan sedikit limbah yg dihasilkan dalam pembuatan kriya pada textile.

Kain Shibori persit

Maksud dan tujuan kegiatan ini, pada satu sisi untuk mengembangkan jiwa kreativitas para anggota Persit Kartika Chandra Kirana agar setiap waktu wawasannya bertambah, pengetahuan dan keterampilannya. Pada satu sisi lainnya, untuk menciptakan peluang wira usaha sekaligus menambah penghasilan ekonomi keluarga apabila ditekuni dengan baik

Kain Shibori persit

Ketua Persit KCK Cabang LIV Yonarhanud 15, Ny. Riska Muda Setyawan berharap agar para anggota dapat menyerap dan mempelajari ilmu keterampilan ini sebaik mungkin, sehingga kedepan para anggota dapat dan mampu membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan.(*/ESP)

Tag : Kain Shibori

Leave a Comment