Yonarhanud 15/DBY Kembali Lakukan Fogging Lingkungan Asrama Untuk Mencegah DBD

Lakukan Fogging

Semarang, yonarhanud15.com – Seluruh area perkantoran dan perumahan asrama Yonarhanud 15/DBY di lakukan fogging atau pengasapan untuk mencegah terjadinya kasus penyakit demam berdarah, Jum’at 10/4/2020.

Pelaksanaan fogging tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan aturan, serta sudah dikoordinasikan dengan Klinik Pratama Yonarhanud 15/DBY.

Cara ini diyakini mampu membantu melawan serangan nyamuk Aedes aegypti yang membuat salah satu warga masuk rumah sakit karena demam berdarah (DBD).

Fogging ini tidak dilakukan secara rutin, hanya dilakukan saat terjadi kasus DBD dilingkungan asrama saja, sehingga perlu dilalakukan fogging untuk memberantas nyamuk sebagai vektor penyakit DBD.

Fogging
Fogging

Lakukan Fogging Lingkungan Asrama

Pencegahan DBD  yang paling efektif dan efisien sampai saat ini adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Singkatan dari 3M, antara lain:

1) Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain

2) Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan

3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Baca Juga :

Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti :

1) Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan;

2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;

3) Menggunakan kelambu saat tidur;

4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;

5) Menanam tanaman pengusir nyamuk,

6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;

7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. (WN)

Leave a Comment