Uji Siap Tempur (UST) tingkat Pucuk/Satbak Batalyon Arhanud 15/DBY.

Uji Siap Tempur

Semarang. Bertempat di Daerah latihan Meteseh Semarang, Yonarhanud 15/DBY melaksanakan Uji Siap Tempur (UST) tingkat Pucuk/Satbak yang dilaksanakan pada tanggal 03 sd. 07 Mei 2021.

Latihan yang melibatkan 2 Baterai yaitu Baterai Meriam Bajra dan Baterai Rudal Drata dengan mengerahkan Meriam 57 MM S60 T/AKT dan Rudal Starstreak MML dan LML, serta alat perlengkapan tempur lainnya. Selain melatih keterampilan pasukan, kegiatan tersebut juga bertujuan menguji kesiapan tempur satuan setingkat Pucuk/Satbak dalam melaksanakan operasi.

Dalam mendukung tugas pokoknya, kemampuan personel dalam pengoperasian persenjataan maupun dalam pengelolaan administrasi dan koordinasi harus dimiliki oleh setiap prajurit Arhanud. UST tingkat Pucuk/Satbak merupakan salah satu proses dari rangkaian kegiatan yang dimulai dari latihan sebelumnya baik tingkat perorangan/ kelompok yang disesuaikan dengan siklus latihan, maka dari itu penyelenggaraan UST tingkat Pucuk/Satbak dilaksanakan untuk melihat hasil yang telah dicapai dalam latihan sebelumnya, sekaligus guna mengukur tingkat kesiapan tempur masing-masing Pucuk/Satbak.

Uji Siap Tempur batalyon arhanud indonesia

Uji Siap Tempur batalyon arhanud

Penyelenggaraan Uji Siap Tempur (UST) tingkat pucuk/Satbak Batalyon Arhanud 15/DBY juga untuk mengetahui kemampuan perorangan setiap pejabat dalam Pucuk yang didukung oleh prosedur komunikasi, adapun obyek penilaian adalah dari segi tehnik dan taktik mulai dari bergerak dari Home Base sampai dengan sasaran dapat dihancurkan.

Baca Juga :

Uji Siap Tempur arhanud
Uji Siap Tempur arhanud 1

Paksanaan Uji Siap Tempur diawali dengan upacara pembukaan latihan oleh Danlat dengan menyerahkan secara simbolis alat-alat protokol kesehatan, mengingat pelaksanaan latihan yang masih dalam pandemi Covid-19.

Tampak dalam latihan penutupan Uji Siap Tempur, Danyon Arhanud 15 Letkol Arh Muda Setyawan,S.I.P memberikan evaluasi serta penilaian kepada para peserta dan penyelenggara yang terlibat dalam UST tingkat Satbak/Pucuk, latihan diakhiri dengan pemberian uang saku selama pelaksanaan UST.(Penyonarh15)

Leave a Comment